laporan Richard Burton di Jakarta
 
hkinews.com berita News
 

Smartwatch Bantu Wasit Sahkan Gol

Selasa, 17/06/2014 [06:19:30]
 
Ket.Gambar : Ilustrasi.

HKINEWS, Jakarta
Perusahaan teknologi terus berlomba-lomba untuk memproduksi alat-alat canggih di dunia. Salah satunya, Smartwatch semakin pintar saja. Fungsinya tak sekedar alat penunjuk waktu dan berbagai fungsi lain yang merupakan perpanjangan smartphone, tetapi juga membantu wasit mengawasi gol di Piala Dunia 2014.

Adalah sebuah perusahaan asal Jerman yang menciptakan Goal Control. Teknologi ini mendeteksi bola ketika berhasil menembus pertahanan kiper. Pada dasarnya, smartwatch ini tidak bekerja sendiri.

Seperti yang dilansir The Pride of London, Selasa (16/6/2014), Goal Control adalah satu set teknologi terdiri dari 14 kamera super cepat untuk memantau tiap pertandingan bola di piala dunia di Brasil.

Kamera dengan akurasi 0,5 cm per detik ini dipasang di 12 stadion di Brasil yang menjadi tempat digelarnya pertandingan. Kamera tersebut digunakan untuk mendeteksi pergerakan bola di lapangan.

Mampu merekam video sampai dengan 500 frame per detik, kamera tersebut dihubungkan dengan komputer pemroses gambar melalui kabel fiber optik berkecepatan tinggi.

Jika hasil analisa kamera mengatakan bola sudah melewati garis gawang, Goal Control akan mentransmisikan pesan bertuliskan 'GOAL' ke smartwatch yang dikenakan oleh wasit yang bertugas.

Sebelumnya sempat ada perdebatan diantara para pengamat bola terkait akan dipergunakannya teknologi gari itu di piala dunia 2014 ini. Namun seiring waktu akhirnya FIFA menyetujui. Dan dengan adanya teknologi ini dapat membantu tugas wasit di lapangan. ***
 
#silahkan hubungi redaksi untuk seluruh keluhan dan pengaduan hkinews.com!