laporan Richard Burton di Jakarta
 
hkinews.com berita Paten
 

Qualcomm Tuding Galaxy Note 4 & Note Edge Langgar Paten

Senin, 08/09/2014 [00:20:47]
 
Ket.Gambar : Ilustrasi

HKINEWS, Jakarta
Seperti diketahui, belum genap seminggu setelah diumumkan dan belum juga dijual, produk Samsung yakni Galaxy Note 4 dan Galaxy Note Edge sudah tersandung masalah paten. Kali ini bukan Apple, melainkan Nvidia yang menyeret Samsung ke pengadilan.

Bahkan Nvidia tak cuma menyeret Samsung, namun juga Qualcomm. Menurut perusahaan tersebut, Galaxy Note 4 dan Galaxy Note Edge setidaknya melanggar 7 paten milik Nvidia. Pelanggaran ini sendiri sudah dilaporkan ke Pengadilan Distrik Delaware.

Seperti yang dilansir Phone Arena, Senin (8/9/2014), Nvidia menyebutkan bahwa GPU Adreno di prosesor Qualcomm dan Samsung Exynos menggunakan GPU Mali atau PowerVR. Hal tersebut yang dianggap melanggar paten.

Disebutkan oleh Nvidia, sebelum kasus ini bergulir, mereka terlibat pembicaraan dengan Samsung dalam upaya mendorong kerjasama terkait masalah paten tersebut. Sayangnya, Samsung tidak mau mengalah, dan berkilah masalah itu ada di pemasok.

Disisi lain, Samsung menyebutkan Qualcomm, ARM dan Imagine sebagai pemasok mereka yang dianggap melanggar oleh Nvidia.

Sementara itu, selain mengugat sejumlah uang, Nvidia juga meminta pengadilan untuk melarang penjualan Samsung Galaxy Note 4 dan Galaxy Note Edge di seluruh wilayah Amerika Serikat (AS).

Terkait masalah ini, sampai saat ini belum ada tanggapan dari pihak Samsung dan Qualcomm. ***
 
#silahkan hubungi redaksi untuk seluruh keluhan dan pengaduan hkinews.com!