laporan Richard Burton di Jakarta
 
hkinews.com berita Paten
 
Terkait Paten Teknologi LTE

Apple Gugat Ericsson

Selasa, 03/03/2015 [03:36:07]
 
Ket.Gambar : Ilustrasi

HKINEWS, Jakarta
Perusahaan teknologi dunia Apple memperkarakan royalti paten teknologi 4G yang dimiliki Ericsson. Menurut perusahaan Cupertino itu, Ericsson mematok harga terlalu tinggi untuk teknologi yang tak terlalu penting untuk smartphone.

Menurut perusahaan arahan CEO Tim Cook tersebut, teknologi telekomunikasi nirkabel LTE itu tidak mutlak harus digunakan dalam industri seluler. Namun royalti yang diminta perusahaan Swedia itu meminta perhitunagn royalti yang tidak tepat alias terlalu tinggi.

Seperti dilansir dari Reuters, Ericsson menghitung royalti dari harga keseluruhan smartphone atau tablet yang membawa teknologinya. Padahal seharusnya, Ericsson menghitung royalti dari komponen prosesor yang membawa teknologi 4G itu.

"Kami bersedia membayarkan harga yang proporsional untuk hak paten dan standar teknologi penting yang digunakan dalam produk kami," ujar juru bicara Apple, Kristin Huguet beberapa waktu lalu.

"Sayangnya, kami tidak setuju dengan proporsi harga yang diterapkan Ericsson untuk patennya. Jadi, kami memilih cara terakhir melalui bantuan pengadilan," tambah Kristin.

Sementara di luar perkara ini, kedua perusahaan memiliki perjanjian lisensi yang meliputi paten-paten penting. Kesepakatan tersebut sudah dibuat sejak Apple pertama kali meluncurkan iPhone pada 2008 silam. (Wk/Kr/Rbp)
 
#silahkan hubungi redaksi untuk seluruh keluhan dan pengaduan hkinews.com!