laporan Richard Burton di Jakarta
 
hkinews.com berita Paten
 

WIPO Dukung DJKI Program Akses Informasi Paten Lebih Mudah

Rabu, 03/05/2017 [07:20:30]
 
Ket.Gambar : Ilustrasi

HKINEWS, Jakarta, Hkinews - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) bersama World Intellectual Property Organization (WIPO) menyelenggarakan Pelatihan Tentang Akses Teknologi Inovasi dan Pembentukan Jaringan Technology and Innovation Support Center (TISC) di Indonesia pada (27/4/2017) lalu di Ruang Aula lantai 8, Gedung DJKI, Jakarta.

Acara ini dibuka langsung Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan KI Dede Mia Yusanti, yang mewakili Plt Dirjen KI Aidir Amin Daud. Dalam sambutannya, “program TISC yang didukung oleh WIPO ini, akan memudahkan para peneliti dan pengguna dalam mengakses informasi paten yang terkait teknologi dan inovasi baik untuk keperluan riset maupun untuk keperluan komersialisasi dan pengembangan iptek.”

“Para pengguna akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi teknologi terkini dan yang sudah menjadi public domain sehingga dapat dimanfaatkan oleh setiap orang tanpa harus memerlukan izin dari pihak lain.” lanjut Dede Mia Yusanti saat membuka acara.

Sementara kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Service Level Agreement (SLA) tentang pembentukan dan pengembangan TISC yang telah ditandatangani oleh DJKI dan WIPO pada tanggal 4 Oktober 2016 lalu di Jenewa, Swiss.

Dengan pembicara dari WIPO, Andrew Czajkowski dan Alex Riechel diharapkan workshop yang dihadiri perwakilan beberapa Universitas di Indonesia dan Sentral KI ini dapat menjadi ajang diskusi yang bermanfaat untuk proyek TISC dan perkembangan pembentukan TISC di Indonesia, sehingga meningkatkan pemahaman peserta akan pentingnya informasi paten serta meningkatkan kemampuan peserta dalam melakukan penelusuran paten. ***
 
#silahkan hubungi redaksi untuk seluruh keluhan dan pengaduan hkinews.com!