laporan Richard Burton di Jakarta
 
hkinews.com berita News
 

Kemenkumham Peringati Hari Lahir Pancasila

Jumat, 02/06/2017 [05:42:12]
 
Ket.Gambar : Ilustrasi

HKINEWS, Jakarta, hkinews.com - Memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni dilaksanakan juga upacara bendera. Begitu juga dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI (Kemenkumham) tidak ketinggalan.

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No. 24 Tahun 2016, seluruh jajaran di lingkungan Kemenkumham melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila pertama kalinya, Kamis (1/6/2017) di lapangan upacara Jl. HR. Rasuna said Kuningan kav 8-9, Jakarta Selatan.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan Kemenkumham Widodo Ekatjahjana membacakan pidato Presiden Joko Widodo. Ada pesan penting tentang kebhineka tunggal ika-an yang disampaikan Presiden dalam peringatan Hari Lahir Pancasila ini.

“Ada pandangan dan tindakan yang selalu mengancamnya. Ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi lain selain Pancasila. Semua itu diperparah oleh penyalahgunaan media sosial, oleh berita bohong, oleh ujaran kebencian yang tidak sesuai dengan bangsa kita”, tegas Widodo Ekatjahjana saat membacakan pidato Presiden.

Kita harus belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme dan konflik sosial, yang dihantui oleh terorisme dan perang saudara. Dengan Pancasila, Indonesia adalah rujukan masyarakat internasional untuk membangun kehidupan yang damai, adil, dan makmur di tengah kemajemukan dunia.

Komitmen pemerintah untuk penguatan Pancasila sudah jelas dan sangat kuat, berbagai upaya terus dilakukan. Dengan diterbitnya Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila.

Bersama seluruh komponen bangsa, lembaga baru ini ditugaskan untuk memperkuat pengalaman Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, yang terintegrasi dengan program-program pembangunan. Pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan dan berbagai program lainnya, menjadi bagian integral dari pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Indonesia. Kita Pancasila.

Sumber : Humas DJKI
 
#silahkan hubungi redaksi untuk seluruh keluhan dan pengaduan hkinews.com!