laporan Richard Burton di Jakarta
 
hkinews.com berita Paten
 

Senketa Paten Apple dan Nokia Berakhir Damai

Kamis, 08/06/2017 [02:24:31]
 
Ket.Gambar : Ilustrasi

HKINEWS, Jakarta, hkinews.com Persoalan hak cipta maupun paten teknologi banyak terjadi, terutama menyangkut perusahaan-perusahaan teknologi dunia. Seperti sengketa Apple vs Samsung maupun merek terkenal lainnya.

Kabar terbaru Apple telah mengakhiri "perang paten" dengan produsen peralatan telekomunikasi Nokia. Selain itu, Apple menyetujui untuk membeli lebih banyak produk dan layanan jaringan milik Nokia, sehingga saham perusahaan asal Finlandia itu naik 7 persen.

Kesepakatan itu berarti pula Nokia akan mendapatkan royalti lebih besar dari Apple atas penggunaan paten ponselnya. Ini tentu membantu Nokia dalam mengimbangi dampak berkurangnya permintaan perangkat keras jaringan mobile besutannya.

Meski pertikaian hukum seperti yang terjadi antara Apple dan Nokia merupakan hal yang wajar terjadi di industri, ini dapat terus berlanjut selama bertahun-tahun. Oleh sebab itu, para analis tidak menduga pertikaian ini akan selesai lebih cepat.

Sementara mengacu pada kesepakatan yang diumumkan dalam sebuah pernyataan bersama dari kedua perusahaan, sebagaimana dikutip dari Reuters, (24/5/2017) lalu, Nokia akan memasok produk infrastruktur jaringan ke Apple, dan Apple akan melanjutkan penjualan produk kesehatan digital Nokia di toko ritel dan online mereka, serta menjajaki kolaborasi lebih lanjut di bidang kesehatan.

Untuk diketahui, kesehatan digital adalah salah satu bidang yang ditargetkan Nokia saat mencoba mengembangkan bisnis baru guna mengimbangi penurunan permintaan industri peralatan jaringan secara keseluruhan.

Tahun lalu, Nokia mengakuisisi France Withings S.A., sebuah perusahaan kecil dengan produk seperti pelacak aktivitas dan monitor bayi yang dibangun di atas platform digital.
"Mungkin ada nilai masa depan yang besar dari ini karena Apple bisa menjadi saluran distribusi yang penting," kata analis Handelsbanken Daniel Djurberg.

Sementara dalam rapat umum tahunan perusahaan pada hari Selasa (23/5/2017), Chief Executive Nokia Rajeev Suri mengatakan kesepakatan tersebut akan membantu memperluas penjualan jaringan di luar operator telekomunikasi ke raksasa internet dan teknologi global. (Why/Isk/Rbp)
 
#silahkan hubungi redaksi untuk seluruh keluhan dan pengaduan hkinews.com!