laporan Rolles Herwin di Jakarta
 
hkinews.com berita techno
 
Apakah Ada bulan berwarna BIru?

Apakah Ada bulan berwarna BIru?

Rabu, 01/08/2012 [15:10:58]
 
Ket.Gambar : bulan biru

Terjadi Blue MoonHKINEWS, Kalau kita memandang Langit pada malam hari maka kita akan melihat bintang dan bulan selain planet dan galaksi. bintang memang memancarkan sinarnya sendiri sedangkan bulan seperti yang kita tau bahwa bulan bersinar karena pantulan cahaya dari matahari. Selama ini jika kita memandang bulan maka kita akan melihat warna bulan kuning bersinarselain bentuknya yang bisa berupa bulan sabit atau bulan purnama.Lalu bagaimana jika bulan itu berwarna biru? apakah bulan ada yang berwarna biru?

Pertama, secara harfiah blue moon, atau bulan berwarna biru bisa saja terjadi. Cara termudah dengan memotret bulan menggunakan filter pada lensa kamera. Lihat contoh foto di bawah, bulan berwarna biru ini dijepret oleh fotografer Kostian Iftica.Kedua, blue moon juga bisa saja terjadi jika di bumi terjadi kebakaran hutan atau letusan gunung berapi, sesaat setelahnya bulan bisa terlihat berwarna kebiruan. Jelaga dan partikel abu yang tersimpan di atmosferlah yang terkadang bisa membuat bulan berwarna biru.Faktanya, gejala alam seperti di atas tidak selamanya membuat bulan berwarna biru. Bulan juga bisa terlihat berwarna hijau atau merah.

Tetapi istilah blue moon sendiri diberikan ketika terjadi bulan purnama muncul dua kali dalam satu bulan. Munculnya bulan purnama sebanyak 2 kali bisa terjadi karena ada selisih perhitungan bulan dengan tahun masehi. jadi memungkinkan blue moon terjadi 2 atau 3 tahun sekali
 
#silahkan hubungi redaksi untuk seluruh keluhan dan pengaduan hkinews.com!