laporan Richard Burton di Jakarta
 
hkinews.com berita News
 

Harga BBM Dipastikan Naik Bulan Ini

Jumat, 07/06/2013 [02:57:53]
 
Ket.Gambar : Ilustrasi

HKINEWS, Jakarta
Terkait gonjang-ganjing kenaikan harga bahan bakar minyak BBM, Menteri Keuangan Muhammad Chatib Basri memastikan pemerintah akan menaikan harga BBM bersubsidi pada bulan ini. Nantinya harga bensi premium akan naik menjadi Rp 6.500 per liter. Sedangkan solar naik menjadi Rp 5.500 per liter. Namun Chatib belum bersedia menyebutkan kapan tanggal pastinya,

Namun Chatib memastikan naiknya harga BBM bersubsidi itu tidak akan berdampak pada rakyat miskin. Ia juga yakin bahwa kebijakan itu tidak akan menyebabkan angka kemiskinan yang saat ini berada di kisaran 9,5 sampai 10,5 persen ikut naik.

Alasannya, pemerintah telah menyediakan dana kompensasi berupa Bantuan Langsung Masyarakat Sementara (BLSM). Pemerintah juga melakukan program perluasan perlindungan sosial dengan menambah alokasi beras miskin, bantuan siswa miskin, dan program keluarga harapan. "Pesan ini penting karena selama ini seolah-olah kenaikan hanya menimbulkan beban," katanya.

Sebelumnya, sejak beberapa bulan lalu pemerintah telah melontarkan rencana menaikkan harga BBM bersubsidi. Namun kebijakan itu tidak kunjung terealisasi. Tetapi akibat ketidak pastian tersebut, beberapa harga sembako sudah terlebih dahulu menaikkan harga. Sehingga harga BBM belum naik, namun masyarakat sudah merasakan dampaknya. (AS/Richard)

sumber : radaronline.co.id
 
#silahkan hubungi redaksi untuk seluruh keluhan dan pengaduan hkinews.com!